Perbandingan Facebook Ads & Google Adwords - Hallo sahabat Bang budi , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Perbandingan Facebook Ads & Google Adwords, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bisnis Online, Artikel Gokil, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Judul : Perbandingan Facebook Ads & Google Adwords
link : Perbandingan Facebook Ads & Google Adwords
Perbandingan Facebook Ads & Google Adwords
Di dalam membangun sebuah bisnis, promosi memang memegang peranan yang sangat penting. Apapun jenis usaha ataupun jenis jasa yang sedang anda rintis, apabila tidak melakukan promosi, maka para calon konsumen tidak akan bisa mengetahui bisnis anda. Para konsumen tidak akan dapat mengetahui mengenai produk dan jasa apa yang anda tawarkan, baik itu kegunaannya dan juga kelebihannya.
Apabila konsumen tidak mengetahui produk dan jasa anda, lalu bagaimana mereka akan tertarik untuk menjadi pelanggan...? Maka dari itulah, sangat banyak sekali para penjual yang dengan kreatifnya membuat sebuah iklan. Tujuannya tentu saja untuk dapat menarik minat dari para konsumen untuk dapat membeli produk dan berlangganan jasa yang anda tawarkan.
Pada saat ini, perkembangan promosi dunia usaha sudah berkembang dengan sangat pesat. Media promosi ini tidak hanya memanfaatkan media elektronik ataupun media cetak saja, sekarang promosi dapat anda lakukan juga di dunia maya. Sedangkan di dunia maya sendiri ada sangat banyak jenis strategi promosi yang dapat anda jalankan.
Strategi promosi dapat dilakukan dengan tanpa modal maupun dengan mengeluarkan budget terlebih dahulu. Cara yang sangat cepat untuk dapat mendatangkan para pembeli yaitu dengan menggunakan media berbayar. Seperti yang sudah anda ketahui bahwa ada dua jenis iklan berbayar yang memang sudah tidak diragukan lagi keunggulannya, diantaranya yaitu Google Adword dan Facebook Ads.
Facebook Ads Vs Google Adwords, Mana yang Lebih Efektif...?
Google dan Facebook memang sudah membuat sebuah program iklan berbayar yang dapat menggiring para pengunjung untuk dapat melihat iklan yang akan anda pasang sebagai langkah promosi untuk bisnis anda. Keduanya mempunyai pangsa pasar yang sangat luas. Google sebagai search console memanfaatkan search engine result page sebagai media untuk menampilkan sebuah iklan.
Sedangkan untuk Facebook yang berperan sebagai media sosial, yang memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak, bisa dijadikan sebagai salah satu tempat yang cocot untuk memasang iklan. Lalu apabila anda ingin memilih salah satu dari Google atau Facebook sebagai media promosi bisnis anda, manakah yang paling efektif...? Google Adwords ataukah Facebook Ads...?
Banyak sekali orang yang ingin mendalami dunia internet marketing merasa kebingungan dengan pertanyaan seperti ini. Karena keduanya mempunyai pangsa pasar yang sangat besar. Walaupun begitu, dari keduanya pasti ada salah satu yang paling efektif di dalam hal menggiring para pengunjung untuk bisa mengunjungi website bisnis yang sedang kita bangun.
Sedangkan jawaban dari pertanyaan mana yang lebih efektif antara kedua media iklan berbayar ini, akan dapat terjawab dengan memahami beberapa penjelasan berikut ini:
1. Facebook Ads
Facebook Ads adalah sebuah layanan periklanan yang telah disediakan oleh media sosial terbesar di dunia pada saat ini, yaitu Facebook. Peletakan iklan dalam Facebook ini berada pada bagian sisi kanan tampilan media sosial Facebook dengan mencantumkan keterangan “Sponsored” dan pada bagian News Feed.
Kelebihan Facebook Ads
Facebook sebagai media sosial yang memiliki pengguna terbanyak di dunia pada saat ini, Facebook menjadi sebuah tempat di mana sangat banyak orang yang bersosial setiap harinya. Dari jumlah banyaknya orang inilah pihak Facebook telah memanfaatkan apa yang namanya Efek Viral dari para penggunanya.
Sehingga media sosial yang bernama Facebook ini sangat memungkinkan kita sebagai orang yang ingin memasang iklan untuk dapat menentukan target dari iklan yang akan kita pasang. Pengaturan tersebut meliputi usia, status, bahasa, dan juga negara. Dengan begitu, Facebook akan dapat menayangkan iklan dengan cara melihat profil penggunanya.
Kekurangan Facebook Ads:
Kekurangan yang dimiliki oleh media iklan berbayar yang bernama Facebook Ads ini yaitu iklan hanya bisa dilihat oleh orang yang menggunakan Facebook saja. Walaupun pada saat ini Facebook menjadi sebuah media sosial terbesar di dunia, tapi tentunya tidak semua orang mempunyai akun Facebook.
Selain itu, masih banyak lagi orang yang tidak mempunyai akun Facebook sehingga akan membuat target iklan yang anda pasang di Facebook hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu saja, yaitu mereka para pengguna Facebook aktif.
2. Google Adwords
Google Adwords adalah sebuah program periklanan yang telah dibuat oleh perusahaan search engine terbesar di dunia yaitu Google. Sebagai sebuah mesin pencari terbesar pada saat ini, tentunya prospek Google akan memanfaatkan mesin ini sebagai sebuah tempat untuk memasangkan iklan.
Kelebihan Google Adwords
· Sebagai search engine terbesar pada saat ini, tentunya Google mempunyai pangsa pasar yang sangat besar.
· Kita bisa mengatur peletakan iklan yang sangat mudah untuk dapat dilihat oleh orang lain atau oleh calon konsumen.
· Kita bisa memilih kategori iklan sendiri sehingga pada saat ada orang yang mencari suatu dengan menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan promosi yang anda lakukan, maka iklan kita akan muncul di sana.
· Iklan yang telah anda pasang akan sesuai dengan target. Dengan cara memanfaatkan keyword atau kata kunci yang dicari, maka iklan yang anda buat akan sangat sesuai dengan target yang telah diincar.
· Para pengunjung tidak harus melakukan proses login ke akun Google terlebih dahulu untuk dapat melihat iklan anda. Hal inilah yang akan memudahkan iklan atau promosi anda untuk menjangkau lebih banyak orang yang membuka search engine Google.
Kekurangan Google Adwords
Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh Google Adwords, anda harus ingat bahwa apabila iklan yang anda pasang terdapat link yang mencurigakan atau iklan yang anda pasang ternyata melanggar peraturan dari Google Adwords, maka iklan yang telah anda busat akan di-banned secara permanen.
Jadi, dalam menggunakan layanan periklanan dari Google Adwords anda harus berhati-hati. Selain itu, anda juga harus memperhatikan TOS mereka supaya iklan yang anda buat tidak melanggar peraturan.
Setelah anda mengetahui kekurangan dan juga kelebihan yang dimiliki oleh Facebook Ads dan Google Adwords, menurut anda manakah layanan periklanan berbayar yang paling efektif...? Itu kembali lagi pada anda selaku calon pengiklan. Dari ulasan di atas, kita tentunya bisa memilih layanan mana yang paling cocok dengan kebutuhan promosi bisnis kita.
0 comments
Post a Comment